Maret 23, 2020
0
www.idntimes.com


Judul skripsi:
IMPLEMENTASI TEORI KECERDASAN MAJEMUK KE DALAM KURIKULUM PG/TK KRISTEN CITA BUAH HATI SIDOARJO TAHUN AJARAN 2017/2018


Identifikasi Masalah
          Berdasarkan kepada latar belakang masalah sebagaimana dipaparkan di atas maka penulis mengidentifikasikan beberapa masalah sebagai berikut:
1.     Menurut Howard Gardner tidak ada manusia yang tidak cerdas. Setiap anak mempunyai kecerdasan masing-masing. Gardner menolak pendapat kecerdasan yang hanya berdasarkan intelektualitas dan menemukan teori kecerdasan majemuk.  Apa sebenarnya kecerdasan majemuk itu?
2.     Dalam kecerdasan majemuk, menurut Gardner ada sembilan kecerdasan. Setiap anak memiliki kapasitas untuk memiliki kesembilan kecerdasan tersebut. Bagaimana karakteristik kecerdasan-kecerdasan dalam kecerdasan majemuk?
3.     Pendidik yang  berbasis kecerdasan majemuk, berpeluang memberikan pengalaman hidup yang menyenangkan bagi anak dan mengasah kecerdasan anak. Bagaimana peran pendidik dalam mengimplementasikan kecerdasan majemuk dalam diri anak?
4.     Masyarakat menganggap kecerdasan intelektual yang menjadi tolak ukur berhasil atau tidaknya seseorang dan menganggap bidang intelektual yang lebih penting. Mengapa teori kecerdasan majemuk perlu diimplementasikan ke dalam kurikulum di PG/TK Kristen Cita Buah Hati?
5.     Kurikulum tidak hanya terdiri atas sejumlah mata pelajaran, tetapi juga meliputi semua kegiatan dan pengalaman potensial yang telah disusun secara ilmiah. Bagaimana cara mengimplementasikan teori kecerdasan majemuk ke dalam kurikulum dapat dilakukan di PG/TK Kristen Cita Buah Hati tahun ajaran 2017/2018?

0 komentar: