www.idntimes.com
Latar belakang masalah merupakan hal penting dalam
penulisan sebuah karya ilmiah. Sebab dalam latar belakang masalah
biasanya penulis akan menyajikan mengapa atau persoalan-persoalan apa yang
menyebabkan penulis memilih topik penelitian tersebut.
Dalam latar belakang masalah ada tiga pokok penting yang dibahas yaitu:
Pertama,
Hal umum dari topik penelitian.
Misalnya:
Judul skripsi: Pengaruh Pembelajaran Pendidikan
Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan Strategi Inkuiri, Terhadap Minat
Belajar Siswa Kristen Kelas VII-IX di SMP Negeri 2 Gedangan SidoarjoDari judul
diatas maka hal umum dari topik penelitiannya yaitu mengenai Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti. Berilah penjabaran Pendidikan Agama Kristen
dan Budi Pekerti. Jangan terlalu panjang untuk memberikan wasan kepada pembaca
tentang topik penelitian.
Kedua,
Setelah menjelaskan hal umum dari topik penelitian,
kemudian dilanjutkan ke hal yang lebih fokus dari penelitian.
Biasanya bagian kedua ini menjelaskan tentang
variabel dari penelitian.
Misalnya:
Judul skripsi: Pengaruh Pembelajaran Pendidikan
Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan Strategi Inkuiri, Terhadap Minat
Belajar Siswa Kristen Kelas VII-IX di SMP Negeri 2 Gedangan SidoarjoPada bagian
kedua ini, penulis lebih menjelaskan mengenai kedua variabel dalam judul
diatas. Yaitu variabel X-nya: Pembelajaran Pendidikan
Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan Strategi Inkuiri. Dan
varibael Y-nya: Terhadap Minat Belajar Siswa Kristen.Contoh
sederhana: Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti merupakan salah
satu mata pelajaran yang diajarkan kepada kepada siswa. Dalam mengajarkan
mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti seorang
guru dituntut untuk dapat mengajar dengan baik supaya mata pelajaran tersebut
dapat diterima dan dimengerti oleh para siswa.Untuk dapat mengajarkan mata
pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan baik
perlu strategi yang tepat. Strategi itu yaitu strategi Inkuiri.Strategi
Inkuiri adalah.......................(Mahasiswa menjelaskan strategi Inkuiri).
Dengan menggunakan strategi Inkuiri diharapkan dapat mempengaruhi minat belajar
siswa. Minat belajar adalah..................... (Mahasiswa menjelaskan
tentang minat belajar)
Ketiga,
Membahas tentang masalah dalam penelitian.
Masalah ini adalah masalah-masalah yang terjadi pada obyek penelitian.
Sesuai judul diatas maka masalah yang terjadi pada
obyek penelitian adalah masalah-masalah yang terjadi di pembelajaran siswa
Kristen kelas VII-IX SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo.
Contoh:
Berdasarkan hasil pengamatan peneliti berkaitan dengan kondisi proses
belajar mengajar di SMP Negeri 2 Gedangan, maka peneliti menjelaskan bahwa
proses belajar mengajar sangat tidak kondusif disebabkan oleh metode mengajar
yang diterapkan tidak mendukung jalannya proses pembelajaran. Sehingga
peserta didik tidak berminat untuk belajar. Pada saat proses belajar
mengajar guru hanya memakai strategi ekspositori, yang artinya
pembelajaran terjadi dengan satu arah, sehingga peserta didik mengantuk, jenuh,
karena tidak dilibatkan aktif dalam proses belajar.[1]Sebagai pendidik guru
harus bisa menguasai strategi mengajar, supaya guru tersebut dapat melakukan
pendekatan yang tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga
peserta didik dapat mencapai tujuan yang maksimal dalam belajar. Guru membangun
suatu lingkungan belajar yang benar-benar menarik dengan memiliki rangkain
kegiatan yang terencana dengan melibatkan peserta didik secara langsung
sehingga pembelajaran itu dapat berjalan dengan efisien. Tetapi yang selama ini
terjadi di sekolah-sekolah yang dijumpai adalah kebosanan peserta didik
untuk belajar. Disebabkan oleh kegiatan belajar yang monoton dengan
sistem ceramah atau strategi ekspositori. Dimana pembelajaran disampaikan
denganceramah sementara peserta didiknya hanya sebagai pendengar.[1] Demikianlah yang terjadi dengan siswa Kristen di
SMP Negeri 2 Gedangan. Pembelajaran Agama Kristen dan Budi Pekerti selalu
identik dengan ceramah, dan hanya menjawab lembar kerja siswa
(LKS), seringkali peserta didik merasa bosan dan tidak berminat dalam belajar.[2]
Selain itu permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik khususnya siswa
Kristen di SMP Negeri 2 Gedangan adalah kurangnya media pembelajaran, dan
strategi pembelajaran yang digunakan masih berupa metode ceramah. Sehingga
peserta didik mengalami kejenuhan, kebosanan bahkan tidak masuk mengikuti
pembelajaran PendidikanAgama Kristen.Kejenuhan dan kebosanan tersebut, sangat
berdampak kepada keaktifan serta minat belajar peserta didik terhadap
pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.[3]
Keempat,
Sebagai penutup dari latar belakang masalah yaitu: mahasiswa menjelaskan
berdasarkan latar belakang di atas maka penulis mengambil judul
skripsi.............
Contoh:
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka peneliti mengambil judul skripsi: Pengaruh Pembelajaran
Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan Strategi Inkuiri,
Terhadap Minat Belajar Siswa Kristen Kelas VII-IX di SMP Negeri 2 Gedangan
Sidoarjo.Besar harapan, bahwa melalui karya tulis ini pembaca dapat memahami
betapa pentingnya memilih, menentukan dan merencanakan serta mendesain kegiatan
belajar mengajar dengan sebuah pendekatan atau strategi yang tepat dalam proses
pembelajaran khusunya Pendidikan Agama Kristen.
www.idntimes.com
Latar belakang masalah merupakan hal penting dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Sebab dalam latar belakang masalah biasanya penulis akan menyajikan mengapa atau persoalan-persoalan apa yang menyebabkan penulis memilih topik penelitian tersebut.
Dalam latar belakang masalah ada tiga pokok penting yang dibahas yaitu:
Misalnya:
Judul skripsi: Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan Strategi Inkuiri, Terhadap Minat Belajar Siswa Kristen Kelas VII-IX di SMP Negeri 2 Gedangan SidoarjoDari judul diatas maka hal umum dari topik penelitiannya yaitu mengenai Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Berilah penjabaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti. Jangan terlalu panjang untuk memberikan wasan kepada pembaca tentang topik penelitian.
Kedua,
Judul skripsi: Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan Strategi Inkuiri, Terhadap Minat Belajar Siswa Kristen Kelas VII-IX di SMP Negeri 2 Gedangan SidoarjoPada bagian kedua ini, penulis lebih menjelaskan mengenai kedua variabel dalam judul diatas. Yaitu variabel X-nya: Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan Strategi Inkuiri. Dan varibael Y-nya: Terhadap Minat Belajar Siswa Kristen.Contoh sederhana: Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada kepada siswa. Dalam mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti seorang guru dituntut untuk dapat mengajar dengan baik supaya mata pelajaran tersebut dapat diterima dan dimengerti oleh para siswa.Untuk dapat mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) dan Budi Pekerti dengan baik perlu strategi yang tepat. Strategi itu yaitu strategi Inkuiri.Strategi Inkuiri adalah.......................(Mahasiswa menjelaskan strategi Inkuiri).
Dengan menggunakan strategi Inkuiri diharapkan dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Minat belajar adalah..................... (Mahasiswa menjelaskan tentang minat belajar)
Ketiga,
Keempat,
0 komentar:
Posting Komentar