Januari 02, 2022
0

 

 


 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

Dalam  bagian  ini  penulis  akan  membahas  secara  berurutan  mengenai  latar  Belakang  Masalah,  Identifikasi  Masalah,  Pembatasan  Masalah,  Rumusan  Masalah,  Kepentingan  Penulisan,  Definisi  Istilah  dan  Sistematika  Penulisan.

 

Latar Belakang  Masalah

Injil  dalam  bahasa  aslinya  kabar  gembira  tentang  Yesus  menyelamatkan  dunia  melalui  kematian  dan  kebangkitan-Nya.  Jadi  bisa  dikatakan  bahwa  Yesus  adalah  Injil  itu  sendiri.  Pada  hakekatnya  Pemberitaan  Injil  sangat  berguna  mengenalkan  kepada  orang-orang  yang  belum  mengenal  Dia  agar  mereka  percaya  bahwa  Yesus  adalah  Sang  Mesias.[1]

Menurut  Joshua  Project  menyebutkan   bahwa  di  Indonesia  terdapat  lebih  dari  200  suku  yang  belum  mendengar  Injil.  Ironisnya menurut  riset  yang  dilakukan  baik  oleh  IPN  (Indonesia  Pelangi  Nusantara)  maupun  Joshua  Project  menyatakan  bahwa  banyak  suku-suku  yang  belum  mendengar  Injil sebenarnya  bertetangga  dengan  orang-orang  Kristen  salah  satunya  adalah  Suku  Tengger.[2]

Suku  tengger  atau  juga  disebut  orang  Tengger  adalah  suku  yang  mendiami  dataran  tinggi  sekitaran  kawasan  penggunungan  gunung  Bromo Jawa  Timur.  Penduduk  Suku  Tengger  menempati  sebagian  wilayah  kabupaten  Pasuruan,  kabupaten  Lumajang,  kabupaten  Probolinggo  dan  kabupaten  Malang.  Masyarakat  Tengger  khususnya  Desa  Sapikerep  merupakan  masyarakat  adat  yang  memeluk  agama  Hindu.  Agama  Hindu  merupakan  Agama  yang  berkembang  dari  alam  pikiran  yang  bersumber  dalam  kitab Weda.  Pengaruh  Agama  Hindu  cukup  kuat  mengubah  pola  dasar  kebudayaan  orang  Tengger  khususnya  Desa  Sapikerep.[3]

Kehidupan  orang-orang  Tengger  setiap  harinya  adalah  bertani  dan  ternak.  Dalam  kehidupan  sehari-hari,  mereka  juga  mampu  memelihara  kerukunan  dan  keharmonisan  beragama.  Hal  ini  dikarenakan  masyarakat  Desa  sapikerep  memiliki  adat  tradisi  Tengger  yang  mampu  menyatukan  mereka  dan  menguatkan  solidaritas  diantara  mereka  sendiri  melampaui  ikatan-ikatan  keagamaan.[4]

Sesuai  dengan  pengamatan  peneliti  di  Desa  Sapikerep  ada  beberapa strategi  yang  dilakukan  oleh  beberapa  Gereja  yang  ada  di  Desa  Sapikerep.  Salah  satunya  adalah  kontekstual  melalui  pastoral   dan  pembagian  sembako.  Dalam  melaksanakan  pastoral  ini,  Gereja-gereja  melakukan  kunjungan  dan  mendoakan  orang-orang  sakit  atau  yang  dalam  keadaan  kesulitan  dan  juga  melakukan  pembagian  sembako  untuk  orang-orang  yang  membutuhkan.[5]

Dalam  pengamatan  peneliti  ini  pastoral  kurang  kontekstual  dalam  melakukan  pendekatan  kepada  orang-orang  Tengger  khususnya  Desa   Sapikerep  apalagi  pembagian  sembako  di  Desa  Sapikerep.  Karena  Teologi  pastoral  adalah  sebuah  cabang  Teologis  yang  berfokus  pada  perspektif  pengembalaan  pada  semua  kegiatan  dan  fungsi  gereja  dan  pendeta.[6]

Kehidupan  orang  tengger  masih  memegang  budaya  yang  sangat  kuat  kehidupan  mereka  lebih  memetingkan  budaya  dari  pada  Agama.  Sehingga  kalau  mengikuti  kehidupan  mereka,  maka  pendekatan  pastoral  kurang  pas  untuk  orang  Tengger.  Kehidupan  orang  Tengger  sehari-hari  bertani  dan  ternak.  Dalam  pengamatan  peneliti  lebih  kontekstual  pendekatan  melalui  ternak  dikarenakan  orang  tengger  lebih  cenderung  keternak  dan  berkebun.  Dalam  kontekstual  melalui  ternak  ini  menjadi  bahan  pembicaraan  kepada  warga  untuk  membangun  sebuah  komunikasi  yang  baik.  Sehingga  melalui  komunikasi  bisa  menyampaikan  kabar  baik  tanpa  ada  kecurigaan.[7]

Berdasarkan  latar belakang  diatas,  merunjuk  dalam  kehidupan  orang tengger  sehari-hari.  Maka  penulis  menerapkan  kontekstual  melalui  pendekatan sapi perah.  Menurut  Pengamatan  peneliti  ini  lebih  cocok  dan mudah  masuk  dalam  pemberitaan  kabar  baik,  kepada  orang-orang  tengger.[8]

Istilah  kontekstual  adalah  istilah  yang  dipakai  dalam  bidang  Misi.  Setiap  orang  yang  memberitakan  Injil  dengan  istilah-istilah  yang  dapat  dipahami  dan  menarik  perhatian  pendengarnya.  Dengan  demikian  seorang  pemberita  Injil menghadapi  persoalan  yang  serius,  ia  berusaha  memahami  Injil  dan  mengkomunikasikan  Injil  kepada  orang  lain  untuk  dapat  dimengerti.[9]

Setiap  orang  percaya  yang  telah  percaya  kepada  Tuhan  Yesus,  harus  melakukan  pemberitaan  Injil  dalam  kondisi  apapun.  Injil adalah  kabar  baik  tentang  karya  Tuhan  Yesus  di  atas  kayu  salib.  Orang  percaya  harus  pergi  sesuai  dengan  perintah  Tuhan  Yesus dalam Matius 28:19-20  yang  berbunyi:

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan babtislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu.  Dan ketahuilah, aku menyertai kamu sampai kepada akhir zaman.

 

 

Identifikasi  Masalah

            Melihat  kepada  latar  belakang  masalah  sebagaimana  dipaparkan  di  atas,  maka  penulis  mengidentifikasikan  beberapa  masalah  sebagai  berikut:

1.      Suku  Tengger  masyarakat  yang  beragama  Hindu.  Sejauh  mana  pengaruh  Agama  Hindu  mengubah  pola  dasar kebudayaan  orang  Tengger  khususnya  Desa  Sapikerep?

2.      Dalam  menyampaikan  kabar  baik  harus  berkontektual  Dalam  menerapkan  injil.  Salah  satunya  adalah  di  suku  Tengger.  Apa  definisi  dari  kontekstual?

3.      Kehidupan  orang  Tengger  lebih  kepada  pertanian  dan  berternak.  Karakteristik  apa  saja  yang  terdapat  di  dalam  masyarakat  pertanian  dan  ternak  di  dalam  Alkitab  dan  Suku  Tengger?

4.      Bagaimana  Perjanjian  Lama,  Perjanjian  Baru,  dan  sejarah  Gereja  mula-mula  menerapkan  kankontekstual  di  dalam  kehidupan  pertanian  dan  berternak? 

5.      Hambatan  apa  saja  yang  dapat  mempengaruhi  kontekstual  di  Suku  Tengger?

6.      Dampak  apa  yang  dihasilkan  dari  penerapan  kontekstual  terhadap  penginjilan  di  Suku  Tengger?

 

Pembatasan  Masalah

Berdasarkan  identifikasi  masalah  diatas  penulis  membatasi  dalam  tiga  masalah  yaitu  nomor  2,5  dan  6.

1.      Dalam  menyampaikan  kabar  baik  harus  berkontekstual  Dalam  menerapkan  injil.  Salah  satunya  adalah  di  suku  Tengger.  Apa  definisi  dari  kontekstual?

2.      Hambatan  apa  saja  yang  dapat  mempengaruhi  kontekstual  di  Suku  Tengger?

3.      Dampak  apa  yang  dihasilkan  dari  penerepan  kontekstual  terhadap  penginjilan  di  Suku  Tengger?

 

Rumusan  masalah

            Berdasarkan  identifikasi  masalah  dan  batasan  masalah  di  atas,  maka  berikut  ini  ditetapkan  rumusan  masalah  yang  dinyatakan  dalam  bentuk  pertanyaan  penelitian:

1.      Apa  definisi  dari  kontekstual?

2.      Hambatan  apa  saja  yang  dapat  mempengaruhi  kontekstual  di  Suku  Tengger?

3.      Dampak  apa  yang  dihasilkan  dari  penerapan  kontekstual  terhadap  penginjilan  di  Suku  Tengger?

 

Tujuan  Penelitian

1.      Untuk  menjelaskan  apa  definisi  dari  kontekstual?

2.      Untuk  menjelaskan  hambatan  apa  saja  yang  dapat  mempengaruhi  kontekstual  di  Suku  Tengger?

3.      Untuk  menjelskan  dampak  apa  yang  dihasilkan  dari  penerapan  kontekstual  terhadap  penginjilan  di  Suku  Tengger?

 

Kepetingan  penulisan

Dalam  kepentingan penulisan ini  dibahas  dua  hal  yaitu,  kepentingan  teoritis  dan  praktis.

Kepetingan  Teoritis

            Secara  teoritis  hasil  penulisan  mengenai  pokok  ini  akan  membawa  kepentingan  yang  signifikan,  antara  lain:

1.      Karya  tulis  ini  secara teoritis  diharapkan  akan  memberikan  pemahaman  tentang  metode  penginjilan  untuk  menjangkau  suku  Tengger.

2.      Karya  tulis  ini  diharapkan  memberikan  penjelasan  yang  lebih  menolong  dalam  memberitakan  kabar  baik  kepada  orang  yang  belum  mendengar  Injil.

3.      Penelitian  ini  juga  diharapkan  memberikan  pemahaman  mengenai  Strategi  Pengabaran  Injil  melalui  pendekatan  kontekstual

4.      Penelitian  ini  diharapkan  memberikan  sumbangsih  keilmuan  di  bidang  teologi  praktika  khususnya  terkait  dengan  penginjilan  kontekstual

 

Kepentingan  Praktis

            Sedangkan  secara  praktis,  karya  tulis  ini  diharapkan  akan  membawa  manfaat-manfaat  yang  signifikan  sebagai  berikut:

1.      Bagi  penulis,  melalui karya  tulis  ini penulis dapat  menambah  wawasan,  pengetahuan  terkait  dengan  judul  karya  tulis.

2.      Bagi  orang-orang  yang  mengambil  bagian  dalam  menjangkau  suku  Tengger  diharapkan  memahami  pendekatan  kontekstual  melalui  ternak  dalam  memberitakan  Injil.

 

 

Metodologi  Penelitian

            Metodologi  penelitian  ialah  suatu  pengkajian  dalam  mempelajari  peraturan-peraturan  yang terdapat  penelitian.  Ditinjau  dari  sudut  filsafat,  metodologi  penelitian  merupakan  epetomologi  penelitian.  Yaitu  menyangkut  bagaimana  mengadakan  penelitian.[10]

 

Metode  penulisan

            Dalam  penelitian  yang  akan dilakukan  penulis menggunakan  metode  kualitatif.  Metode  kualitatif  adalah  suatu cara  berusaha  memahami  dan  menafsirkan  makna  peristiwa  interaksi  tingkah  laku  manusia  dalam  situasi  menurut  perspektif  penelitian  sendiri,  didalam  mengumpulkan  data.  Jadi  dilakukan  metode  kualitatif  ini  karena  kurangnya  teori-teori  yang  berkaitan  dengan  judul  diatas.[11]

 

Metode  Pengumpulan  Data

            Untuk  melengkapi  data  dalam  menerapkan  Strategi  Pengabaran  Injil  melelui  pendekatan  Kontekstual.  Penulis  melakukan  pendekatan riset lapangan,  berupa wawancara  kepada  para  penginjilan  yang  ada  dilapangan.  Adapun  tujuan  wawancara ini  untuk  mendapatkan  data  dan  penjelasan  situasi di  lapangan.

 

 

Definisi  Istilah

            Pada  bagian  ini  penulis  akan  mendifenisikan  beberapa  kata  penting  yang ada pada  judul  skripsi.  Tujuannya  adalah  mengajukan  presepsi  tentang  judul  skripsi.

            Perhatikan  menurut  Yakob  Tomatala  mendefinisikan  kata  “kontekstualisasi”  sebagai  berikut:  kata  “Kontekstualisasi”  (Contextualisation)  berasal  dari  kata  “konteks”  (context)  yang  diangkat  dari  kata  Latin  “Contextere”  yang berarti  menghubungkan  bersama  (menjadi satu).  Pengertian  ini  menjelsakan  bahwa  berbicara  masalah  kontekstualisasi  perhatian  ditunjukan  kepada dua atau lebih  komponen  yang disatukan  atau  dengan   kata  lain  “Kontekstualisasi”  berbicara  tentang penyatuan beberapa  komponen.[12]

 

Sistematika  Penulisan

Penulisan  karya  tulis  ini  akan  disusun  secara  sistematis  sebagai  berikut:

Pada  bab  pertama  akan  dibahas  pendahuluan  yang  berkaitan  dengan  latar  belakang  masalah,  identifikasi  masalah,  pembatasan  masalah,  rumusan  masalah,  tujuan  penulisan,  signifikansi  penulisan,  metodologi  penulisan,  definisi  istilah  dan  sistematika  penulisan.

Bab   kedua  berisi  kajian  teori dan hipotisis.  Kajian teori  berisi  tentang defenisi kontekstualisasi,  kontekstualisasi dalam PB, kontektualisasi dalam PB dan kontekstualisasi menurut para Ahli.

Bab  tiga  berisi  Metodologi  penelitian: tempat dan  waktu  penelitian,  dokumentasi  dan  wawancara.

Bab  empat  menjelaskan  mengenai  Deskripsi  hasil  penelitian  dan  pembahasan.

Bab  lima  merupakan  Penutup:  Kesimpulan,  implikasi  dan  saran.



[1]  Will Metzger, Beritakan Kebenaran, (Surabaya: Momentum, 2005),  15,17

[2] www.joshua project.net,  2004-2010. USA.  Joshua  Project  merupakan  sebuah  lembaga  riset  Internasional  yang  meneliti  tentang  suku-suku  terabaikan  yang  ada  di seluruh dunia. 

[3]  Tri   Wowosettya ningsih  Menepak  Langkah kehidupan Masyarakat Tengger (Surabaya:  satubuku   2001),  24-25

[4]  Pengamatan  peneliti  November  2020 ( Di  Suku  Tengger  desa  Sapikerep)

[5]   Ibid, 25-26

[6]   Ibid, 10

[7]   Ibid, 35-36

[8]  Ibid, 18

[9]   Yakob  Tomatala Teologi Kontekstualisasi (suatu  pengantar),  (Malang  Gandum  Mas  2001)   12-14

[10]  Husaini  Usman  dan Purnomo  Setiady  Akbar,  Metodologi penelitian sosia, (Jakarta:  Bumi Aksara, 1996). 42.

[11]  Ibid. 21

[12]  Yakob  Tomatala,  Teologi  Kontekstualisasi, (Malang:  Gandum Mas 2001),  5.

0 komentar: