Januari 02, 2022
0

 


BAB  I

 

PENDAHULUAN

 

Dalam  bab  pendahuluan  ini  penelitian  akan  membahas  secara  sistematis  tentang:  latar  belakang  masalah,  identifikasi  masalah,  pembatasan  masalah,  rumusan  masalah,  tujuan  penulisan,  kepentingan  penelitian  meliputi  manfaat  teoritis,  manfaat  praktis,  metodologi,  definisi  istilah,  dan  sistematika  penulisan.

 

Latar  Belakang

            Pendidikan  Agama  Kristen  adalah  pendidikan  yang  dilakukan  dengan  sadar  atau  sengaja  kepada  anak  agar  supaya  di  dalamnya  mereka  bertumbuh  dan  berkembang  mencapai  kedewasaan  secara  susila  dan  nilai-nilai  ke  Kristenan  atas  dasar  iman  Kristen.[1]  Pada  hakekatnya  orang  tua  mempunyai  harapan  agar  anak-anak  mereka  bertumbuh  dan  berkembang  menjadi  anak  yang  baik.  Oleh  karena  itu,  orang  tua  harus   menyadari  peranan  mereka  yang  besar  terhadap  pengaruh  perkembangan  jasmani  anak  maupun  dalam  kerohanian.[2]

Keluarga  Kristen  adalah  pemberian  Tuhan  yang  tak  ternilai  harganya,  sebab  keluargalah  yang  memegang  peranan  penting  dalam  pengajaran  PAK  kepada  anak-anak  dan  anggota  keluarga  lainnya.  Karena  keluarga  mempunyai  tempat  yang  mutlak  dalam  sejarah  suci.  Dimana  dalam  Alkitab  kita  melihat  dan  menyaksikan  pentingnya  keluarga  yang  dipakai  oleh  Tuhan  sebagai  saluran  dan  jalan  keselamatan  yang  dirancangkan  Tuhan  bagi  umat  manusia.[3] 

Apabila  keluarga  itu  disucikan  dan  dikuasai  oleh  Yesus  Kristus  sendiri,  niscaya  keluarga  itu  menjadi  taat  dan  kuat  dalam  tangan  Tuhan  untuk  memperkembangkan  dan  mematangkan  pribadi-pribadi  Kristen  yang  luhur.  Dengan  demikian  keluarga  Kristen  merupakan  suatu  persekutuan  anak-anak  dengan  ayah-ibunya,  yang  sanggup  menciptakan  suasana  Kristen  sejati  di  dalam  lingkungan  keluarga  sendiri.[4]

Di  dalam  Kitab  Ulangan  6:1-9, 20-25  dan  11:18-20  mengisyaratkan  bahwa  pendidikan  harus  terjadi  di  dalam  keluarga.  Ada  perintah  Tuhan  agar  orang  tua  mendengar  Firman-Nya,  mengesankan  Dia  di  dalam  kehidupan,  mengasihi  Dia  dengan  segenap  hati,  jiwa  pikiran  dan  kekuatan.  Lalu,  orang  tua  haruslah  mengajarkan  takut  akan  Tuhan  itu  kepada  anak-anaknya,  dirumah  maupun  di  luarnya;  secara  formal  maupun  informal.  Sebab  orang  tua  terpanggil  untuk  mendidik  anaknya  bukan  saja  dalam  segi  pengetahuan  dan  keterampilan  hidup,  tetapi  juga  dalam  perkara  iman  kepada  Allah. [5]

Pengajaran  pendidikan  agama  dalam  keluarga  merupakan  dasar  bagi  seluruh  pendidikan  lainnya.  Untuk  itu  setiap  keluarga  harus  mengajarkan  dasar  pendidikan  yang  benar  kepada  anak-anak  mereka  dengan  menceritakan  Firman  Tuhan,  menjelaskan  arti  Firman  Tuhan  dan  mempunyai  waktu  berpuasa  dan  berdoa  bersama-sama  untuk  mengajarkan  pentingnya  pendidikan  agama,  dengan  begitu  setiap  anak  akan  terbiasa  hidup  seperti  Kristus.[6]  Setiap  orang  tua  mempunyai  tanggung  jawab  terhadap  pertumbuhan  anak-anaknya,  baik  secara  jasmani  dan  rohani.  Alkitab  sejak  masa  Perjanjian  Lama  telah  menjelaskan  tentang  tanggung  jawab  orang  tua  untuk  mendidik  kerohanian  anak-anak  yang  ada  dalam  Kitab  Ulangan  6:7,  Amsal  26:6,  Efesus  6:4,  karena  orang  tua  sebagai  orang  pertama  yang  ditemui  oleh  anak-anak  memiliki  tanggung  jawab  terhadap  pendidikan  rohani  anak-anaknya.[7]

Bagaimana  pun  juga,  sudah  merupakan  rencana  Allah  bahwa  orang  tua  bertanggung  jawab  untuk  mengkomunikasikan  nilai-nilai  rohani  yang  sejati  kepada  anak-anak.  Allah  telah  menetapkan  sejak  dari  mulanya  bahwa  orang  tua  harus  mengajarkan  nilai-nilai  rohani  kepada  anak-anaknya,  agar  dewasa  secara  rohani,  apalagi  di  masa  usia  dini  tidak  ada  tempat  yang  lebih  baik  dan  penting  untuk  menumbuhkan  iman,  dan  menaburkan  nilai-nilai  Kristiani  selain  di  dalam  keluarga.[8]  Pendidikan  iman  diusia  dini  sangat  penting  menentukan  keberadaan  dan  kehidupan  anak-anak  dimasa  depan,  baik  yang  menyangkut  kehidupan  pribadi,  kehidupan  sosial,  kehidupan  beriman  maupun  panggilan  hidupnya.[9]

Konsili vatikan II telah menegaskannya:

 

Orang tualah yang harus diakui sebagai pendidik mereka yang pertama dan utama. Sebab merupakan kewajiban orangtua; menciptakan lingkup keluarga, yang diliputi semangat bakti kepada Allah dan kasih sayang terhadap sesama  sedemikian rupa, sehingga menunjang keutuhan pendidikan pribadi dan sosial anak-anak mereka.

 

Karena  sesungguhnya,  pendidikan  dimulai  dari  keluarga  dimana anak  harus  dididik  dan  didorong  untuk  menerapkan  semua  nilai  luhur  sebagaimana  diajarkan  Firman  Tuhan,  dan  dijauhkan  dari  segala  hal  yang  dilarang.  Hal  yang  penting  adalah  agar  orang  tua  memiliki  kerohanian  yang  berkualitas  dan  terampil  mendidik  anak  dalam  Tuhan,  dibutuhkan  anugerah  Allah,  kemauan,  dan  displin  diri  untuk  terus  meningkatkan  pertumbuhan  kerohanian.  Selain   itu  juga  diperlukan  hasrat  dan  motivasi  yang  tinggi  untuk  memperlengkapi  diri  guna  meningkatkan  kemampuan  yang  berkaitan  dengan  pendidikan  anak.[10]

Tugas  dan  peran  orang  tua  dalam  keluarga  adalah  memberikan  pendampingan  dan  bimbingan  rohani  bagi  anak-anak  mereka  dalam  perjumpaan  dengan  Tuhan  Yesus  secara  pribadi.  Dengan  demikian,  setiap  anak  yang  terlibat  dalam  proses  pembelajaran  PAK  di  dalam  keluarga  memiliki  keterpanggilan  untuk  mewujudkan  tanda-tanda  Kerajaan  Allah  dalam  kehidupan  pribadi  mereka.[11]  Tujuan  Pendidikan  Agama  Kristen  dalam  keluarga  bagi  anak-anak  adalah  agar  anak  dapat  menerima  kepercayaan  dan  nilai-nilai  yang  dianut  oleh  orang  tuanya,  misalnya  belajar  berdoa,  bertumbuh  secara  wajar  dalam  iman  Kristen.  Setiap  keluarga  Kristen  harus  mendidik  anak-anak  sesuai  dengan  prinsip-prinsip  ajaran  Alkitab.[12]

Berdasarkan  hasil  penelitian  penulis  berkaitan  dengan  pengajaran  PAK  di  dalam  keluarga  terhadap  pertumbuhan  kerohanian  anak  di  sekolah  TK  Dwi  Karya  Pepelegi  Sidoarjo,  maka  peneliti  menemukan  bahwa  pertumbuhan  kerohani  anak  sangat  kurang  dalam  pengenalan  akan  Tuhan  Yesus  dan  juga  pengetahuan  mereka  akan  kebenaran  Firman  Allah.  Di  indikasikan  karena  orang  tua  tidak  berperan  aktif  dalam  memberikan  pengajaran  PAK  kepada  anak-anak  dalam  keluarga.[13]

Ada  beberapa  hasil  wawancara  yang  penulis  dapatkan  dari  orang  tua  murid  dan  juga  kepada  satu  guru  agama  di  sekolah  TK  Dwi  Karya.  Dimana  wali  murid  di  TK  Dwi  Karya  Pepelegi  Sidoarjo  mengatakan  dengan  jujur  bahwa  mereka  kurang  dalam  mengajarkan  pembelajaran  PAK  kepada  anak-anak,  dan  juga  tidak  ada  waktu  kepada  anak-anak  untuk  bercerita  Firman  Allah  dan  mengadakan  persekutuan  atau  saat  teduh  bersama-sama  dalam  menaikkan  doa  dan  pujian  kepada  Tuhan. [14]

Hasil  wawancara  kedua  yang  penulis  dapatkan  dari  orang  tua  mengatakan  juga  hal  yang  sama  bahwa  di  dalam  keluarga  tidak  ada  bersekutu  bersama  dalam  keluarga  dengan  alasan  seorang  ibu  memberikan  pernyataan  bahwa  ayah  dari  anak-anak  tersebut  atau  suaminya  sulit  untuk  diajak  mengambil  waktu  untuk  berdoa  dengan  anggota  keluarganya  karena  berlatar  belakang  orang  yang  belum  percaya  dengan  Tuhan  Yesus,  sehingga  waktu  untuk  bersekutu  dengan  Tuhan  itu  tidak.[15]  Hasil  wawancara  ketiga  penulis  dengan  guru  agama  di  TK  Dwi  Karya  Pepelegi  Sidoarjo  memberikan  juga  pernyataan  bahwa  anak-anak  sangat  kurang  pengenalan  mereka  akan  Tuhan  Yesus  dan  juga  akan  kebenaran  Firman  Allah  di  sebabkan  karena  tidak  adanya  pengajaran  yang  tetap  dari  orang  tua  di  dalam  keluarganya.[16]

Di  sekolah  TK  Dwi  Karya  ini,  seringkali  anak-anak  tidak  tahu  dan  mengerti  akan  kebenaran  Firman  Allah  ketika  disampaikan.  Hal  ini  terjadi   karena  orang  tua   tidak  ikut  berperan  aktif  sama  sekali  dalam  menceritakan  dan  menyampaikan  akan  kebenaran  Firman  Tuhan  yang  terus  menerus  bagi  anak-anak  dan  kurangnya  orang  tua  memberikan  waktu  untuk  bersekutu  bersama-sama  dengan  anak-anak  kepada  Tuhan  dalam  keluarga.[17]  Agar  terlaksananya  pengajaran  PAK  di  dalam  keluarga  terhadap  pertumbuhan  kerohanian  anak,  orang  tua  yang  terdiri  dari  ayah  dan  ibu  harus  mengajak  anak  untuk  ke  gereja  setiap  minggu,  mengajak  anak  untuk  menutup  mata  dan  melipat  tangan  waktu  berdoa,  membaca  Alkitab  dan  mengadakan  saat  teduh  bersama  dan  lain  sebagainya.  Pikiran  dan  hati  nurani  yang  di  kendalikan  Firman  Tuhan  menjadi  sumber  bagi  sikap  dan  perilaku  yang  benar.[18]

Dalam  pembahasan  ini  penulis  hanya  fokus  membahas  pembelajaran  PAK  di  dalam  keluarga  terhadap  pertumbuhan  kerohanian  anak.  Berdasarkan  alasan  tersebut  di  atas,  peneliti  mengambil  judul  skripsi  Dampak  Pembelajaran  Pendidikan  Agama Kristen  Di  Dalam  Keluarga  Terhadap  Pertumbuhan  Kerohanian  Anak  Usia  4-6  Tahun  Di  Tk  Dwi  Karya  Pepelegi  Sidoarjo

 

Identifikasi Masalah

Berdasarkan  latar  belakang  masalah  diatas  maka  penulis  dapat  mengidentifikasikan  beberapa  masalah  yang  dianggap  sangat  penting  untuk  dibahas  dalam  penulisan  skripsinya

1.    Peran  orang  tua  dalam  keluarga  adalah  memberikan  pendampingan  dan  bimbingan  rohani  bagi  anak-anak  melalui  proses  pembelajaran  PAK  di  dalam  keluarga.  Apakah  yang  dimaksud  PAK  dalam  keluarga?

2.    Pembelajaran  PAK  dalam  keluarga  begitu  penting  bagi  anak-anak.  Sejauh  mana  pertumbuhan  kerohanian  anak  dalam  pembelajaran  PAK  di  dalam  keluarga?

3.     Pengajaran  PAK  dalam  keluarga  tidak  hanya  menjadi  alat  atau  sarana  yang  sangat  efektif  bagi  iman  Kristen,  tetapi  juga  mempunyai  kontribusi  yang  cukup  besar  bagi  pertumbuhan  dan  perkembangan  iman  anak-anak  di  masa  yang  akan  datang.  Bagaimana  korelasi  pengajaran  PAK  dalam  keluarga  terhadap  pertumbuhan  kerohanian  anak  di  sekolah  Tk  Dwi  Karya?

4.     Pengenalan  yang  begitu  mendasar  ini,  akan  mempengaruhi  cara  orang  tua  mendidik  anak-anak  dalam  keluarga.  Bagaimanakah  tindakan  utama  dalam  mengarahkan  pendidikan  agama  ke  Kristenan  kepada  anak-anak  dalam  memiliki  iman  yang  benar  dengan  Tuhan  Yesus?

5.    Bagaimana  dampak  pembelajaran  PAK  dari  orang  tua  di  dalam  keluarga  terhadap  pertumbuhan  kerohanian  anak  pada  umur  4-6  tahun?

 

 

 

 

Pembatasan  Masalah

Pembatasan  masalah  penulisan  skripsi  yang  berjudul  Dampak  Pembelajaran  Pendidikan  Agama  Kristen  Di  Dalam  Keluarga  Terhadap  Pertumbuhan  Kerohanian  Anak  Usia  4-6  Tahun  Di  Tk  Dwi  Karya

Pepelegi  Sidoarjo  yaitu  1,  2  dan  3.

1.         Peran  orang  tua  dalam  keluarga  adalah  memberikan  pendampingan  dan  bimbingan  rohani  bagi  anak-anak  melalui  proses  pembelajaran  PAK  di  dalam  keluarga.  Apa  PAK  begitu  penting  dalam  keluarga?

2.         Pembelajaran  PAK  dalam  keluarga  begitu  penting  bagi  anak-anak.  Bagaimana  peran  orang  tua  dalam  mengajarkan  PAK  di  dalam  keluarga  kepada  anak?

3.         Pengajaran  PAK  dalam  keluarga  tidak  hanya  menjadi  alat  atau  sarana  yang  sangat  efektif  bagi  iman  Kristen,  tetapi  juga  mempunyai  kontribusi  yang  cukup  besar  bagi  pertumbuhan  dan  perkembangan  iman  anak-anak  di  masa  yang  akan  datang.  Sejauh  mana  dampak  pembelajaran  PAK  dalam  keluarga  terhadap  pertumbuhan  kerohanian  anak  di  sekolah  Tk  Dwi  Karya?

 

Rumusan  Masalah

Berdasarkan  identifikasi  masalah  dan  batasan  masalah  tersebut  diatas , maka  penulis  menetapkan  rumusan  masalah  yang  dinyatakan  dalam  bentuk  pertanyaan  sebagai  berikut:

1.    Peran  orang  tua  dalam  keluarga  adalah  memberikan  pendampingan  dan  bimbingan  rohani  bagi  anak-anak  melalui  proses  pembelajaran  PAK  di  dalam  keluarga.  Apa  pentingnya  PAK  dalam  keluarga?

2.         Pembelajaran  PAK  dalam  keluarga  begitu  penting  bagi  anak-anak.  Sejauh  mana  pertumbuhan  kerohanian  anak  dalam  pembelajaran  PAK  di  dalam  keluarga?

3.         Pengajaran  PAK  dalam  keluarga  tidak  hanya  menjadi  alat  atau  sarana  yang  sangat  efektif  bagi  iman  Kristen,  tetapi  juga  mempunyai  kontribusi  yang  cukup  besar  bagi  pertumbuhan  dan  perkembangan  iman  anak-anak  dimasa  yang  akan  datang.  Bagaimana  pertumbuhan  pengajaran  PAK  dalam  keluarga  terhadap  pertumbuhan  kerohanian  anak  di  sekolah  Tk  Dwi  Karya?

 

Tujuan  Penulisan

Dengan  mengacu  kepada  judul  penelitian  dan  merujuk  kepada  masalah  penelitian  di  atas,  maka  adapun  tujuan:

1.         Untuk  menjelaskan  kepada  orang  tua  dampak  pembelajaran  pendidikan  agama  Kristen  di  dalam  keluarga  bagi  anak.

2.         Untuk  menjelaskan  bahwa  begitu  pentingnya  kerohanian  dan  pengenalan  anak-anak  kepada  Tuhan  Yesus  dalam  hidup  mereka.

3.         Untuk  menjelaskan  bahwa  orang  tua  yang  terdiri  dari  ayah  ibu  yang  lebih  utama  berperan  membawa  anak-anak  mereka  memiliki  hubungan  yang  benar  dengan  Allah.

 

Kepentingan  Penulisan

Dalam  penulisan  skripsi  ini  penulis  mengajukan  dua  manfaat  dalam penelitian  digolongkan  dalam  dua  bagian,  yaitu:  manfaat  teoritis  dan  manfaat  praktis.

 

Manfaat  Teoritis

1.    Kepentingan  teoritis  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  memberikan  kontribusi  tentang  mengajar  peserta  didik  untuk  memiliki  pemahaman   dan  pengetahuan  yang  luas  baik  dan  benar

2.    Memberi  sumbangsih  sebagai  bahan  acuan  untuk  membentuk  kualitas  hidup  anak  diusia  TK

Manfaat  Praktis

1.    Diharapkan  pada  wali  peserta  didik  di  Tk  Dwi  Karya  Pepelegi  Sidoarjo  dapat  memberikan  pembelajaran  pendidikan  Agama  Kristen  di  rumah  kepada  anak.

2.    Untuk  Sekolah  Tinggi  Teologi  Injili  Efrata,  dapat  membantu  untuk  memberikan  tambahan  informasi  dan  referensi  dalam  penelitian  pendidikan  secara  umum  dan  Pendidikan  Agama  Kristen  secara  khusus  yang  berkaitan  dengan  perkembangan  kerohanian  anak. 

3.    Bagi  guru-guru  di  sekolah  Tk  Dwi  Karya  Pepelegi  Sidoarjo  dapat  memberikan  motivasi  kepada  orang  tua  peserta  didik  dalam  memberikan  pembelajaran  pendidikan  agama  Kristen  yang  baik  kepada  anak-anak  di  rumah.  s.

 

Metodologi  Penelitian

Dalam  penulisan  skripsi  ini   penulis  menggunakan  metode  penulisan  dan  pengumpulan  data:  Metodologi  penelitian  ialah  suatu  pengkajian  dalam  mempelajari  peraturan-peraturan  yang  terdapat  dalam  peneltian.  Ditinjau  dari  sudut  filsafat,  metodologi  penelitian  merupakan  epistemology  penelitian.  Yaitu  menyangkut  bagaimana  kita  mengadakan  penelitian [19]  

 

Metode  Penulisan

            Dalam  penulisan  skripsi  ini  penulis  menggunakan  metode  analisa  deskriptif  yang  merupakan  penelitian  yang  berusaha  mendeskripsikan  dan  menginterpresikan  sesuatu  masalah  untuk  mengetahui  latar  belakang  persoalannya.  Untuk  mencari  data  yang  valid  di  lapangan,  penulis  melakukan  penelitian  dan  pengamatan  langsung,  sebagai  sumber-sumber  untuk  mengumpulkan  data,  fakta  dan   informasi  yang  akurat  dan  nantinya  akan  disusun  secara  sistematis.  Dan  akan  disajikan  dalam  bentuk  karya  ilmiah,  rekaman  hasil  wawancara,  foto  atau  kombinasinya.  Dengan  cara  ini  penulis  akan  menulis  sebuah  karya  ilmiah  secara  efesien,  efektif  dan  akurat.[20]

 

Metode  Pengumpulan  Data

Untuk  memperlengkapi  data  dalam  penelitian  yang  akan  dilaksanakan  maka  penulis  melakukan  observasi  dan  wawancara  di  dalam  mengumpulkan  data.  Penulis  akan  mewawancarai  orang  tua  untuk  mendapatkan  data  mengenai  bagaimana  dampak  pembelajaran  pendidikan  agama  Kristen  di  dalam  keluarga  terhadap  perkembangan  kerohanian  anak  di  sekolah  TK  Dwi  Karya  Pepelegi  Sidoarjo.  Observasi  ialah  pengamatan  dan  pencatatan  yang  sistematis   terhadap  gejala-gejala  yang  diteliti.  Observasi  menjadi  salah  satu  teknik  pengumpulan  data.  Dalam  menggunakan  teknik  observasi  yang  terpenting  ialah  mengandalkan  pengamatan  dan  ingatan  peneliti.[21]

Menurut  Husaini  wawancara  adalah  “tanya  jawab  lisan  antara  dua  orang  atau  lebih  secara  langsung”.  Dimana  pewawancara  disebut  interviewer,  sedangkan  orang  yang  diwawancarai  disebut  interviewed.  Wawancara  ini  berhubungan  dengan  penulis  dan  klien  yang  akan  diwawancarai  tujuannya  dalam  mengumpulkan  data [22]

.

Definisi  Istilah

Pada  bagian  ini  penulis  akan  mendifenisikan  beberapa  kata  penting  yang  ada  pada  judul  skripsi  ini.  Tujuannya  adalah  untuk  mengajukan  presepsi  tentang  judul  skripsi.  

Menurut  Hardi  Sudiyana  dalam  bukunya  “Dasar-Dasar  Pendidikan  Agama  Kristen”,  berpendapat  bahwa  Pembelajaran  Pendidikan  agama  Kristen  adalah  memberi  pengajaran  dan  kehidupan  pada  nilai-nilai  ke-Kristenan,  nilai-nilai  moral  yang  berdasar  pada  Firman  Allah.[23]  Menurut  E.  G  Homrighausen  dan  I  H  Enklaar  dalam  bukunya,  “Pendidikan  Agama  Kristen”  berpendapat  Keluarga  Kristen  merupakan  suatu  persekutuan  antara  anak-anak  dengan  ayah-ibunya,  yang  sanggup  menciptakan  suasana  Kristen  sejati  di  dalam  lingkungan  mereka  sendiri.[24]

Menurut  Yakub  Susabda  dalam  bukunya  Pembinaan  Keluarga  Kristen”  menerangkan  bahwa  yang  dimaksud  dengan  perkembangan  kerohanian  anak  adalah  membawa  anak-anak  mengenal  Kristus  dan  menolong  mereka  memiliki  hubungan  dengan-Nya  agar  mereka  bertumbuh  dewasa  secara  rohani.[25]

Dari  beberapa  pengertian  yang  diatas  maka  yang  dimaksud  pendidikan  keluarga  Kristen  adalah  pendidikan  yang  berisi  ajaran  tentang  iman  Kristen.  Sedangkan  yang  dimaksud  dengan  perkembangan  kerohanian  anak  adalah  membawa  mereka  lebih  dalam  mengenal  Allah.

Anak  Paud  yang  berumur  4-6  tahun  akan  memiliki  hubungan  yang  baik  dengan  Tuhan  Yesus  secara  benar.

 

Sistematika  Penulisan

Dalam  penulisan  skripsi  ini  penulisan  membagi  pokok-pokok  pembahasan  kedalam  lima  bab.  Adapun  pembagian  dari  masing-masing  bab  adalah  sebagai  berikut:

Bab  pertama,  menguraikan  tentang  Pendahuluan,  meliputi:  Latar  Belakang,  Identifikasi  Masalah,  Rumusan  Masalah,  Tujuan  Penelitian,   Kepentingan  Penelitian,  Meteodologi  Penelitian,  Sistematika  Penulisan.

Bab  kedua  menguraikan  kajian  teori  yang berisikan  pengertian  unsur-unsur,  dan  manfaat  pengajaran  PAK  di  dalam  keluarga.

Bab  ketiga  menguraikan  tentang  metode  penelitian,  yang  terdiri  dari  tujuan  yang  dilaksanakannya  penelitian,  waktu  dan  lokasi  penelitian,  metode  penelitian,  teknik  pengumpulan  data  dan  teknik  analisis  data.

Bab  keempat,  menguraikan  tentang  hasil  penelitian  dan  analisa  data.

Bab  kelima,  memuat  kesimpulan,  saran  dan  implikasi  yang  dapat  bermanfaat  baik  bagi  pembaca  maupun  bagi  penulis  pada  khususnya.



[1] Hardi Budiyana, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen, (Solo: Berita Hidup Seminary, 2011), 4

[2] Singgih D. Gunarsa dan Yulia Singgih D. Gunarsa, Psikologi Perkembangan  Anak dan Remaja, (Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2017), 7 1

[3] E. G. Homrighausen dan I. H. Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012), 128- 129

[4] Ibid

[5] B. Samuel Sidjabat, Strategi Pendidikan Kristen, (Yogyakarta: Yayasan Andi, 1994), 29

[6] Lewis dan Paul, Cara Mengarahkan Anak, (Bandung: Gandum Mas, tth), 75

[7] Yakub Susabda, Pembinaan Keluarga Kristen, (Penerbit: Mitra Pustaka, Bandung:2004), 147

[8] Yakub Susabda, Pembinaan Keluarga Kristen, (Penerbit: Mitra Pustaka, Bandung:2004),, 149

[9] L Prasetya, Pr, Dasar-Dasar Pendampingan Iman Anak, (Yogyakarta:Kanisius, 2008), 17-18

[10] Harianto GP, Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini, (Penerbit: ANDI, Yogyakarta, 2012), 70

[11] Yakub Susabda, Pembinaan Keluarga Kristen, (Bandung: Mitra Pustaka, 2004), 156

[12] Ibid, Yakub Susabda, Pembinaan Keluarga Kristen

[13] Pengamatan Penulis November 2019 (di Sekolah Tk DWi Karya Pepelegi Sidaorjo)

[14] Wawancara dengan Ibu Lidia, pukul 10.30 WIB, 6 Desember 2019, (Wawancara di sekolah TK Dwi Karya Pepelegi Sidoarjo; tatap muka langsung)

[15] Wawancara kepada Ibu Pinkan, pukul 10.30 Wib,13 Desember 2019, (Wawancara di sekolah Tk Dwi Karya Pepelegi Sidaorjo; tatap muka langsung)

[16] Wawancara kepada Ibu Susan, pukul 10.30 Wib,3 Januari 2020, (Wawancara di sekolah Tk Dwi Karya Pepelegi Sidoarjo; tatap muka langsung)

[17] Pengamantan Penulis 10 Januari 2020 (di Sekolah Tk Dwi Karya Pepelegi Sidoarjo)

[18] Tumpal Hutahaean, Keluarga Yang Berbuah Bagi Kristus Di Tengah Tantangan Zaman Pascamilenial, (Surabaya: Momentum, 2019), 19

 

 

[19] Husaini  Usman  dan  Purnomo  Setiady  Akbar,  Metodologi Penelitian  Sosia, (Jakarta:  Bumi  Aksara, 1996). 42.

[20] Ibid,S 21

[21] Ibid, Husaini  Usman  dan  Purnomo  Setiady  Akbar,  Metodologi Penelitian  Sosial, 54

[22] Ibid, 57-58

[23] Hardi Budiyana, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen, (Solo: Berita Hidup Seminary, 2011), 5

[24]  E. G Homrighausen dan I H Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012), 129

[25] Yakub Susabda, Pembinaan Keluarga Kristen, (Penerbit: Mitra Pustaka, Bandung), hlm 149.

 

0 komentar: