Januari 02, 2022
0

 


BAB  I

PENDAHULUAN

Dalam  bab  pendahuluan  ini  peneliti  akan  membahas  secara sistematis  tentang :  latar  belakang  masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah,  tujuan penulisan,  kepentingan  penelitian  meliputi manfaat teoritis, manfaat praktis, metodologi penelitian, definisi istilah dan sistematika  penulisan.

 

Latar Belakang Masalah

Di era Globalisasi  dan  perkembangan Iptek yang saat ini tidak terbendung  sangat  mempengaruhi pertumbuhan anak terutama pertumbuhan karakter  dan  juga dalam sisi pendidikannya, ini membawa dampak bagi perkembangan  anak  terutama  dalam  kerohaniannya  yang  mulai  tergeser dengan  kecenderungan anak  lebih  fokus  pada  gadgenya  dari  pada  pendidikan spiritualnya baik di rumah, di sekolah, dan di gereja.

Pendidikan  Agama  Kristen merupakan salah satu mata pelajaran yang bertujuan  untuk  peningkatan  potensi  spiritual  serta  membentuk  peserta  didik agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Namun  dalam  penyampaian  pengajarannya  jika  


guru  salah  menerapkan  metode  yang  tepat  dan  menganggap  metode bukan  hal  yang  penting  dalam  pengajarannya  akan  mengakibatkan  pelajaran Pendidikan Agama Kristen ini kurang diminati oleh  siswa, sehingga siswa mengalami  kejenuhan  dan  prestasi  belajar  pserta  didik  akan  menurun.

Tuhan Yesus adalah  guru yang memberikan keteladanan bagi peserta didik-Nya.  Dia dapat membangkitkan rasa ingin tahu yang besar dalam diri peserta  didik-Nya. Seperti  yang  diungkapkan  oleh  John M. Nainggolan, bahwa:

Dalam  mengajar,  Yesus  membangkitkan  perasaan ingin tahu yang  besar  sehingga  mendorong murid-murid  untuk mencaritahu setiap  Firman yang diajarkan-Nya. Pengajaran Yesus  menimbulkan rasa haus yang dalam bagi pendengar-Nya untuk  menemukan kebenaran  yang  sesungguhnya.[1]

 

Tuhan  Yesus  adalah  guru  yang  sangat  kreatif,  meskipun  Dia  hidup di masa  lalu,  namun  Tuhan Yesus sudah  menggunakan  strategi  pembelajaran  dan metode  mengajar  yang tepat.  Pengajaran-Nya masih relevan digunakan hingga masa kini.  Oleh  karena  itu  media  pembelajaran  sangat diperlukan untuk  menjadikan  sebuah  alat bantu  dalam  proses pembelajaran.

Dalam  pendidikan, terutama  di  sekolah  tidak  pernah  lepas  dari kegiatan belajar dan mengajar. Mengajar adalah upaya pengajar untuk mentransfer pengetahuan atau pandangan, keyakinan, dogma, doktrin, atau teologia  yang  dimiliki  kepada  peserta  didiknya.[2] Pengajaran yang  berhasil harus  ditunjang  dengan  kemampuan  guru  dalam  mengembangkan kompetensinya  dengan  belajar  sendiri  tentang  keguruan,  membaca,  menulis, dan berinteraksi dengan orang lain (pakar), belajar dari  pengalaman pribadi dan melakukan  inovasi.

Tidak  sedikit  orang  berpendapat  bahwa  mengajar  adalah  pekerjaan yang  mudah. Bahkan  banyak  orang  mau  melakukannya, baik  dalam  konteks sekolah  maupun  lingkungan, sampai  banyak  orang  menawarkan  menjadi  guru sukarelawan  karena  telah  memiliki  gelar  sarjana.  Ada  yang  merasa  karena memiliki  pengetahuan  tertentu  yang  lebih  memadai, ada juga yang menganggap  karena  dalam  pendidikan  sebelumnya  sudah  melihat  berbagai model  guru,  bahkan  merasa  mampu  menunaikan  tugas  dan  profesi  itu.[3]

Dalam  hal  ini  banyak  orang  yang  hanya  melihat  kemudahan  untuk menjalankan  tugas  namun  tidak  memahami  apakah  yang  dilakukan  itu  sudah benar? Mengajar  memang  bukan  hal  yang  sulit  tetapi ada  hal-hal  yang penting  diketahui  dan  dikuasai  seorang  pengajar  sehingga  pengajaran yang disampaikan  mampu  diterima  dengan  maksimal  oleh  peserta  didiknya. Sebagai  seorang guru, mengajar  merupakan  hal yang utama  dan  dalam  profesinya  seorang  guru dituntut  professional.  Namun  realitanya  banyak  guru yang  mengajar  dengan  kurang  professional, tidak  memakai  metode  yang  tepat  dan  banyak  menganggap  metode  bukan  hal  yang  penting.[4]

Dr. I.H Enklaar dan Dr. E.G. Homrighousen dalam buku  Pendidikan Agama Kristen menuliskan:

Separuh  orang  berpendapat  bahwa  metode  kurang  penting.  Ada  ahli  teologi  yang  menyangka  bahwa  hanya  ilmu  teologi saja  yang  penting  dan  perlu  dipelajari,  soal  metode  tidak begitu  penting.  Dan ada  pula  pendeta-pendeta  yang tidak menaruh  minat  terhadap  cara-cara  yang  harus  dipergunakan dalam  berkhotbah  atau  mengajar.[5]

 

Berdasarkan  pendapat  diatas  dapat dilihat bahwa metode dalam mengajar  kurang  mendapat  perhatian.  Banyak  pengajar  secara  khusus guru tidak  mempergunakan  metode  yang  tepat  dalam  mengajar  sehingga  peserta didik  merasakan  suasana  yang  monoton  dan  kurang  menarik.  Seorang  guru harus  mampu  memilih  metode yang  tepat  dalam mengajar supaya  menarik  perhatian  sehingga  membuat  peserta  didik  mampu  berkonsentrasi  dan menerima  semua  materi  yang  disampaikan  dengan  maksimal  dan  mendapat prestasi  yang  memuaskan.[6]

Pendidikan  Kristen  adalah  pendidikan  yang  menekankan  pada  seluruh aspek  kehidupan  kekristenan  yang  memberikan  pembentukan  dan  penanaman   nilai-nilai  kekristenan  atau  nilai-nilai  budi  pekerti  yang  berdampak  pada  Alkitab.[7] Jadi Pendidikan  agama  Kristen  adalah  proses  pengajaran  dan  pembelajaran  berdasarkan  Alkitab,  berpusat  kepada  Kristus  dan  bergantung  pada  Kuasa  Roh  Kudus.  Dalam  hal  ini setiap  guru  yang mengajar berperan  dalam  mendidik  peserta  didik  untuk  tetap  mengenal  pengajaran  dan  nilai-nilai  kekristenan  untuk  membangun  iman  peserta  didik.[8]

Metode  mengajar  sangatlah  penting  dalam  tugas  pendidikan  dan  pembelajaran  karena  Yesus,  sebagai  Guru  Agung,  juga  telah  memberikan  teladan  keguruan  sebagaimana  dijelaskan  oleh  kitab  Injil.  Metode  mengajar  ini  yang  perlu   dikembangkan  haruslah  kreatif  sedemikian  rupa.  Pendekatan  mengajar  kreatif  itu  menekankan  kegiatan  peserta  didik  (pelajar  yang  aktif)  sebagai  pelaku  kegiatan  belajar,  sedangkan  guru  hanya  berperan  sebagai  pembimbing,  pemberi  arah  dan bantuan  seperlunya. Kegiatan   belajar  kreatif  tentunya  berlangsung  dengan  beragam  metode  agar dapat  menumbuhkan  kreaktivitas  baru  dalam  pemikiran,  perasaan,  dan  sikap  peserta  didik  sehingga  terus  bergairah  mengikuti  kegiatan  belajar.[9]

Pada  dasarnya  guru  adalah  seorang  pendidik.  Pendidik  adalah  orang  dewasa  dengan  segala  kemampuan  yang  dimilikinya  untuk  dapat  mengubah  psikis  dan  pola pikir  anak  didiknya  dari  tidak  tahu  menjadi  tahu  serta  mendewasakan  anak  didiknya.  Dalam  hal  ini yang  guru lakukan  adalah  dengan  mengajar  di  kelas.  Oleh  sebab  itu guru  dapat  mengusai keadaan  kelas  tercipta  suasana  belajar  yang  menyenangkan.  Dengan  demikian pendidik  harus  menerapkan  metode  pembelajaran  yang  sesuai  dengan  karakteristik  peserta  didik.[10]

Metode  demonstrasi  adalah  metode  mengajar  yang  sangat  efektif,  sebab  membantu  para  siswa  untuk  mencari  jawaban  dengan  usaha  sindiri  berdasarkan  fakta  yang  benar.  Jadi,  metode  demostrasi  merupakan  suatu  cara  mengajar  dengan  mempertunjukkan  suatu  benda  atau  cara  kerja  sesuatu.  Benda  itu bisa  berupa  benda  sebenarnya  atau  suatu  model.  Untuk  itu,  benda yang dipertunjukkan  adalah  dengan  cara  menggunakan  alat-alat  atau  serangkaian  percobaan.  Untuk itu  metode  demonstrasi  ini  dapat  dikembangkan  dengan  kemampuan  siswa  untuk  mengamati,  menggolongkan, menarik  kesimpulan, menerapkan  konsep,  prinsip  atau  prosedur  dan  mengkomunikasikan  kepada  siswa-siswa lainnya. Demonstrasi  ini  dapat  dilakukan  oleh  pendidik  atau  siswa  yang  sudah  dilatih  sebelumnya. [11]

Pendekatan  pembelajaran  merupakan  suatu  himpunan asumsi yang  paling  berhubungan  dan terkait dengan  sifat  pembelajaran. Suatu  pendekatan  yang  besifat  pernyataan  dan  menggambarkan  sifat-sifat  dan  ciri  khas  suatu  pokok  bahasan  yang  diajarkan.  Dalam  pengertian  pendekatan  pembelajaran  tergambarkan  latar  psikologis  dan  latar  pedagogis  dan  pilihan  metode  pembelajaran  yang  akan  digunakan  dan  diterapkan  oleh  guru  bersama  siswa.[12]

Metode  pembelajaran  adalah  seluruh  perencanaan dan  prosedur  maupun  langkah-langkah  kegiatan  pembelajaran  termasuk  pilihan  cara  penilaian  yang  akan  dilaksanakan.  Metode  pembelajaran  dapat  dianggap sebagai  sesuatu  prosedur  atau  proses  yang  teratur,  suatu  jalan  atau  cara  yang  teratur  untuk  melakukan  pembelajaran.  Tujuan  pembelajaran  ini adalah  untuk  mempersiapkan  pembelajaran,  kegiatan  pembelajaran mulai dari  kegiatan  pembuka atau  awal,  kegiatan  inti  dan  penutupnya,  serta  media  pembelajaran.             

                        Dalam  bukunya  Wina  Sanjaya  mengatakan :

Salah  satu  masalah  yang dihadapi  dunia  pendidikan  kita  adalah  masalah  lemahnya  proses  pembelajaran.  Dalam  proses  pembelajaran,  anak kurang didorong  untuk mengembangkan kemampuan berpikir.  Proses  pembelajaran  didalam  kelas  diarahkan  kepada kemampuan  anak  untuk  menghafal  informasi: otak  anak  dipaksa  untuk  memahami  informasi  yang diingatnya  itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan  sehari-hari.  Akibatnya? Ketika  anak didik  lulus  dari  sekolah,  mereka pintar secara teoritis, tetapi tidak miskin aplikasi.[13]

Dalam  proses  belajar  mengajar  terjadi  interaksi  antara  peserta  didik dengan  guru.  Interaksi  ini  sangat  penting  didalam  kelas untuk membuat suasana  kelas  tidak  hening.  Dalam  hal  ini  guru  harus  mempunyai  rencana atau  perencanaan,  memilih,  membimbing,  mengarahkan,  dan  mengajarkan setiap siswa  dalam  kegiatan  peserta didik,  demikian  sebaliknya  peserta  didik  juga harus  berperan aktif  dalam  proses  pembelajaran  yang  dilaksanakan.

Berdasarkan  hasil  wawancara  peneliti,  berkaitan  dengan  situasi dan  kondisi  dalam  proses  belajar mengajar  di SD  Negeri  2  Tuhendrauwi,  maka peneliti  menjelaskan bahwa  peserta  didik  yang  mengikuti  proses  belajar  mengajar  agama  Kristen  dan  budi  pekerti  berjumlah 34 orang, terbagi  atas tiga  kelas  yaitu  kelas  empat  10  orang,  kelas  lima  12  orang  dan  kelas  enam 12 orang.  Guru  yang  mengajar  khusus  Pendidikan  Agama  Kristen  ada  2  orang.  Pada  proses  belajar  mengajar  (PBM)  menunjukkan  aktivitas  siswa  dalam  proses  belajar  mengajar  rendah  dan  bersifat  pasif  yaitu  cenderung  hanya  sebagai  penerima  saja. Siswa kurang memfokuskan  dan  kurang  memperhatikan saat guru  menyampaikan  materi di depan  kelas.  Siswa  kelihatan  tidak  bersemangat,  banyak  yang  mengantuk  dan  kurang  memperhatikan  materi  yang  disampaikan guru.  Siswa  kurang  berminat  dan  selama  mengikuti  proses  pembelajaran,  siswa  kurang  berani  mengemukakan  pendapatnya  bila  diberi  pertanyaan oleh  guru.  Proses  kegiatan  belajar mengajar  didominasi  dengan  kegiatan  mencatat  dipapan  tulis  dan  ceramah.[14]

Dalam  proses  belajar  mengajar tidak  menyenangkan  ketika  guru  sedang  mengajar  didalam  kelas  di karenakan, karna kurangnya  keaktifan  siswa  dalam  belajar  mengajar.  Sehingga  siswa  kurang  semangat  dalam  mengikuti  proses  belajar  mengajar.  Dalam  hal  ini  Siswa  kurang  aktif  dalam  proses  belajar  mengajar.  Di  dalam proses  belajar  mengajar  khususnya  pendidikan  agama  Kristen  metode yang  sering digunakan  oleh  guru  dalam kelas  adalah  hanya  metode  ceramah, dimana  proses  belajar  mengajar  di dalam  kelas  tidak  ada variasi.  Sehingga  membuat  siswa  tidak  begairah  dalam  mengikuti  proses  belajar  di  dalam  kelas.  Dalam  hal  ini  siswa-siswi  akan  bosan,  jenuh,  mengantuk  untuk  mendengarkan  apa yang  disampaikan  oleh  guru.[15]  

Melihat  kondisi  siswa  ini  menunjukkan  bahwa  minat  belajar siswa  rendah.  Minat  belajar  siswa  ditunjukkan  dengan  adanya  perasaan  senang,  perhatian  dan  adanya  aktivitas  yang  merupakan  akibat  dari  rasa  senang  dan  perhatian.  Banyak  hal  yang menyebabkan  kondisi  yang  diatas  terjadi,  misalnya  berasal  dari  pribadi  siswa  sendiri  dan  dari  luar pribadi  siswa  sendiri  yang  kemudian  mempengaruhi  minat  belajar  siswa  ketika  kegiatan  belajar  mengajar sedang  berlangsung.  Beberapa  hal  yang  terjadi  dalam  pribadi  siswa  yaitu  siswa  mengalami  masalah  pribadi  yang  bisa  menurunkan  minat  belajarnya,  atau  yang  berasal  dari  luar pribadi  siswa  karna  guru  hanya  menggunakan  metode  pembelajaran  hanya  ceramah,  dan  mencatat  dipapan  tulis  atau  bahkan  bisa  berasal  dari  guru  sendiri  sebagai  pemberi  materi.

Pada proses  belajar  mengajar  seorang  pendidik  atau  guru  menginginkan  agar  tujuan  pembelajaran  dicapai  secara  efektif  dan  efesien,  maka  dari  itu  pendidik  harus  mengusai  berbagai  metode  penyampaian  materi  dan  menggunakan  metode  yang  tepat  dalam  mengajar   sesuai  meteri  yang  diajarkan  sehingga  siswa  dapat  memahami  lebih  mudah  apa  yang  disampaikan  sehingga  siswa  dapat  menerima  dan  mengerti.  Dalam  hal  ini  salah  satu  metode  yang  tepat  untuk  membuat  siswa  dapat  mengerti  dan mudah  memahami  proses  belajar  adalah  dengan   metode  demostrasi  dengan disertai dengan  alat  peraga  sehingga siswa  semangat  dalam  mengikuti pendidikan  agama  Kristen.[16]

Minat  belajar  siswa  adalah  keinginan  hati dari  seorang  peserta  didik pada  suatu  mata  pelajaran  sehingga  membuat  dirinya  rajin  mengikuti  proses  pembelajaran  dan  belajar  pada  mata  pelajaran  tersebut  yang  pada  akhirnya  membuatnya  dapat  berprestasi  pada  mata  pelajaran  tersebut.[17]

Berdasarkan  uraian  diatas  penulis  tertarik  menulis  skripsi dengan  judul  “Penggunaan  Metode  Demonstrasi  Dalam  Pembelajaran  Pendidikan  Agama  Kristen  Dan  Budi  Pekerti  Untuk  Meningkatkan  Minat  Belajar  Siswa  Kelas  IV,  V  Dan  VI  SD  Negeri  2  Tuhendraowi  Nias  Barat”.  Harapan  penulis,  bahwa melalui  karya  tulis  ini  pembaca  dapat  memahami  betapa  pentingnya  memilih,  menentukan  dan  merencanakan  serta mendesain  kegiatan  belajar  dengan  sebuah  pendekatan  atau  strategi  yang  tepat  dan  metode  dalam  proses  pembelajaran  di  dalam kelas  khususnya  pembelajaran  Pendidikan  Agama  Kristen.

  

Identifikasi  Masalah

Berdasarkan  latar  belakang  masalah  diatas  maka  penulis  dapat  mengidentifikasi  beberapa  masalah  yang  dianggap  sangat  penting  untuk  dibahas  dalam  penulisan  skripsi  ini  sebagai  berikut :

1.      Pada  pembelajaran  agama  Kristen  siswa  kurang  memfokuskan  dan  kurang  memperhatikan  saat  guru  menyampaikan  materi didepan kelas.  Hal  ini  diindikasikan  karena  guru  kurang  bervariasi  dalam  menggunakan  metode  pembelajaran.  Dalam  hal  ini guru harus perlu  melakukan  pendekatan  pembelajaran  aktif  dengan  menggunakan  metode  domonstrasi  untuk  membuat  suasana  belajar  mengajar  lebih  menyenangkan.  Untuk  itu  maka  muncullah  pertanyaaan  apa yang di maksud  dengan  metode  demostrasi?

2.      Anak-anak  kurang  memiliki  minat  dan  kurang  antusias  dalam pembelajaran  di  dalam  kelas,  hal  ini  diindikasikan  karena  guru  hanya memakai  satu  metode  ketika  mengajar di  dalam  kelas yaitu dengan metode  ceramah  sehingga  peserta  didik  bosan  dan  ngantuk.  Maka muncullah  pertanyaan,  Bagaimana  penggunaan  metode  demonstrasi  di  SD Negeri 2 Tuhendrauwi Nias Barat?

3.      Peserta  didik  SD  Negeri  2  Tuhendrauwi  Nias  Barat  menjadi  bosan  dan  kurang  tertarik  dalam  pembelajaran  Agama  Kristen  yang  di  sampaikan.  Dalam  hal  ini  diindikasikan  karena  guru  kurang  menggunakan  metode  yang  tepat  dalam  pelajaran  Agama  Kristen.  Oleh  sebab  itu  maka  muncullah  pertanyaan,  sejauhmana  penggunaan  metode  demostrasi  dalam  pendidikan  agama  Kristen  dan  dudi  pekerti  untuk  meningkatkan minat  belajar  siswa  SD  Negeri  2  Tuhendaowi  Nias  Barat

4.      Di  SD  Negeri  2  Tuhendrauwi  Nias  Barat  ditemukan  bahwa  peserta didik  kurang  bergairah  dalam  mengikuti  proses  belajar  mengajar terutama  saat mengikuti  pelajaran  pendidikan  Agama  Kristen.  Dalam  hal  ini, diindikasikan  bahwa  peserta  didik  kurang  memiliki  minat  dalam  belajar.  Bagaimana  meningkatkan  minat  belajar  peserta  didik ?

5.      Di lapangan  di  temukan  bahwa  siswa  kurang  berani  mengemukakan  pendapatnya  bila  diberi  pertanyaan  oleh  guru.  Diindikasikan  karena guru  tidak  memberi  kesempatan  kepada  siswa  untuk  memberikan pendapatnya. Berdasarkan kenyataan  tersebut, maka muncullah pertanyaan  bagaimanakah  cara  menumbuhkan  agar  peserta  didik  lebih berani  mengungkapkan  pendapatnya?

 

Pembatasan  Masalah

Pembatasan  masalah  penulisan  skripsi  yang  berjudul  Penggunaan  Metode  Demonstrasi  Dalam  Pembelajaran  Pendidikan  Agama Kristen  Dan  Budi  Pekerti  Untuk  Meningkatkan  Minat  Belajar  Siswa   Kelas  IV,  V  Dan  VI  SD  Negeri  2  Tuhendraowi  Nias  Barat.  Maka penulis  membatasi  beberapa  poin  yang  dianggap  penting  dalam  penelitian  skripsi  ini  yaitu  nomor (1), (2), dan  (3).

1.      Pada  pembelajaran  agama  Kristen  siswa  kurang  memfokuskan  dan  kurang  memperhatikan  saat  guru  menyampaikan  materi  di depan kelas.  Hal ini  diindikasikan  karena  guru  kurang  bervariasi  dalam  menggunakan  metode  pembelajaran.  Dalam  hal  ini guru  harus perlu  melakukan  pendekatan  pembelajaran  aktif  dengan  menggunakan  metode  domostrasi  untuk  membuat  suasana  belajar  mengajar  lebih menyenangkan.  Untuk  itu  maka  muncullah pertanyaaan  apa yang di maksud  dengan  metode  demostrasi?

2.      Anak-anak kurang memiliki minat dan kurang antusias dalam pembelajaran  di  dalam  kelas,  hal  ini  diindikasikan  karena  guru  hanya memakai  satu  metode  ketika  mengajar  di  dalam  kelas  yaitu  dengan metode  ceramah sehingga  peserta  didik  bosan  dan  ngantuk.  Maka muncullah  pertanyaan,  Bagaimana  penggunaan  metode  demonstrasi  SD Negeri 2 Tuhendrauwi Nias Barat?

3.      Peserta  didik  SD  Negeri 2  Tuhendrauwi  Nias  Barat  menjadi  bosan  dan  kurang tertarik  dalam  pembelajaran  Agama  Kristen yang di  sampaikan.  Dalam  hal  ini  diindikasikan  karena guru  kurang  menggunakan  metode  yang  tepat  dalam  pelajaran  agama  Kristen.  Oleh  sebab  itu  maka muncullah pertanyaan,  Sejauhmana  Penggunaan  Metode  Demostrasi  Dalam  pendidikan  agama  Kristen  dan  budi  pekerti  untuk  meningkatkan  minat  belajar  siswa  SD  Negeri  2  Tuhendaowi  Nias  Barat.

 

Rumusan  Masalah

Berdasarkan  identifikasi  dan  batasan  di atas,  maka  berikut  peneliti  menetapkan  beberapa  rumusan  masalah :

1.      Apa  yang  dimaksud  dengan  metode  demonstrasi ?

2.      Bagaimana  penggunaan  metode  demonstrasi  SD Negeri 2 Tuhendrauwi Nias Barat ?

3.      Sejauhmana  Penggunaan  Metode  Demonstrasi  Dalam  Pendidikan  Agama  Kristen  dan  Budi  Pekerti  untuk  meningkatkan  minat  belajar  siswa  SD  Negeri  2  Tuhendaowi  Nias  Barat ?

 

Tujuan  Penulisan

            Adapun  tujuan   penulisan  berdasarkan  rumusan  masalah  di atas, maka  penulis  memiliki  tujuan  sebagai  berikut:

1.      Untuk  mengetahui  apa  yang  dimaksud  dengan  metode  demonstrasi.

2.      Untuk  mengetahui  apa  yang  menyebabkan  kurangnya  minat  belajar  siswa SD  Negeri  2  Tuhendrauwi  Nias  Barat.

3.      Untuk  menjelaskan  penggunaan  metode  demonstrasi untuk  meningkatkan minat belajar siswa  di  SD  Negeri  2  Tuhendaowi  Nias  Barat.

 

Kepentingan  Penelitian

Dari  hasil  penulisan  penelitian  skripsi  ini diharapkan  membawa  manfaat  sebagai  berikut :

 

Manfaat Teoritis

Manfaat  secara  teoritis  dalam  penulisan  ini  dapat  memberikan  pemahaman  dan   informasi  tentang  pengajaran  Pendidikan  Agama Kristen  dengan  menggunakan  metode  demonstrasi.  Dengan  menerapkan  metode demostrasi  ini  dapat  meningkatkan  minat  belajar siswa  SD Negeri 2 Tuhendraowi  Nias  Barat, terhadap  Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti  

Manfaat  Praktis

1.      Bagi  Penulis

             Agar  mempunyai  pemahaman  tentang  metode  demostrasi  dalam Pendidikan Agama Kristen  yang  dapat  membawa  dampak  terhadap  minat  belajar  peserta  didik.

2.      Bagi  Guru-Guru  Pendidikan  Agama  Kristen

      Supaya  dapat  memberikan  manfaat  yang  baik  dan  menambah  wawasan peserta  didik  serta  dapat  menjadi  referensi  dalam  mengajar  peserta  didik  supaya  anak-anak  boleh  mengalami  perubahan  ketika  di  terapkan  oleh  guru dan supaya  suasana  kelas  menjadi  lebih  baik.

3.      Bagi Peserta didik SD Negeri 2  Tuhendraowi  Nias  Barat

       Peserta  didik  dapat  belajar  Pendidikan  Agama  Kristen  dan  Budi Pekerti  dengan  cara  semangat  dan  menyenangkan.  Peserta didik dapat berperan  aktif  dan  kreaktif  dalam  pembelajaran Pendidikan Agama Kristen  dan  Budi  Pekerti,  sehingga  dapat  meningkatkan  minat  belajarnya.  

4.         Bagi  STTI Efrata

      Supaya  dapat  memberikan  tambahan  informasi  bagi  para  pembaca  dan menjadi referensi dalam mengembangkan pendidikan, secara khusus untuk  pembelajaran  Pendidikan  Agama  Kristen  dan  Budi  Pekerti.  Metode demostrasi  ini salah satu metode yang baik untuk meningkatkan  minat belajar  peserta  didik.

 

 

Metodologi  Penelitian

Metodologi adalah sutau  ilmu  tentang  metode,  yang  secara substansial  berisi  asas-asas  umum  atau  prinsip-prinsip  yang  berlaku umum terhadap  metode.  Jadi  metodologi  adalah  fondasi dari  suatu  metode. Sebagai ilmu tentang  metode,  metodologi  meletakkan dasar-dasar umum  yang harus ada dalam suatu  metode  secara  alamiah.[18]Metode  penelitian  yang  digunakan  penulis  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  kualitatif  dengan  teknik  pengumpulan  data  melalui observasi  (pengamatan), wawancara, dan  dokumentasi  berupa hasil  rekaman  wawancara dan  foto.[19] Untuk  mencari  data  yang  aktual  dan  valid,  penulis  melakukan  penelitian  dan  pengamatan  langsung.

 

Metode  Penulisan

Dalam  penulisan  skripsi  ini  penulis  menggunakan  metode  kualitatif  untuk  pengolahan  data.  Penelitian  kualitatif  adalah  penelitian  tentang riset  yang  bersifat  deskiptif  dan  cenderung  menggunakan  analisis,  dalam  penelitian  kualitatif.  Landasan  teori  dimanfaatkan  sebagai  pemadu  agar  fokus  penelitian  sesuai  dengan  fakta  dilapangan.  Selain  itu  landasan  teori  juga  bermanfaat  untuk  memberikan  gambaran  umum  tentang  latar  penelitian  dan  sebagai  bahan  pembahasan  hasil  penelitian. [20] Tempat  penelitian  SD Negeri 2 Tuhendraowi  Nias  Barat.  Yang  menjadi  responden  dalam  penelitian  ini  adalah  peserta  didik  dari  kelas  IV,  Kelas  V,  Kelas  VI,  dengan  jumlah  siswa 34  orang.  Dan  guru  2  orang.

 

Metode  Pengumpulan  Data

Dalam  penelitian  ini  penulis   menggunakan  metode  kualitatif  dengan  teknik  pengumpulan  data  melalui  observasi  (pengamatan), wawancara dan  dokumentasi  berupa  hasil  rekaman  wawancara  dan  foto,  untuk  mencari  data  yang  actual  dan  valid,  penulis  melakukan  penelitian  dan  pengamatan  langsung.

Observasi  adalah  studi  yang disengaja  dan  sistematis  tentang  fenomena  sosial  dan  gejala-gejala  psikis  dengan  jalan  pengamatan dan pencatatan. [21]  Jadi observasi merupakan  pengamatan  dan  pencatatan  yang  sistematis  terhadap  gejala-gejala  yang  diteliti.[22]

Wawancara adalah  suatu  bentuk  tanya  jawab  dengan  narasumber  dengan  mendapatkan  keterangan,  pendapat,  fakta, bukti,  tentang  suatu  masalah  atau  suatu peristiwa. [23]

 

 

 

 

Definisi Istilah

Pada  bagian  ini  penulis  akan  mendefenisikan  beberapa  kata  penting  yang ada  pada  judul  skripsi ini.  Tujuan  penjelasan  ini  yaitu  untuk  mengerti  arah  penulisan  dari  skripsi  ini.

Penggunaan  adalah  proses,  cara,  perbuatan  menggunakan  sesuatu dan pemakaian.[24]  Metode  adalah  cara  kerja  ilmiah  yang  secara  dipergunakan  sebagai  alat  atau sarana  dalam  suatu   penelitian. Dapat  dikatakan  bahwa metode lebih menekankan  pada  aspek  teknis  penelitian,  sehingga fungsinya  sangat  urgen dalam  suatu  pelaksanaan  penelitian.[25] Pembelajaran  adalah  perpanduan  dari dua  aktivitas  belajar dan  mengajar.  Aktivitas  belajar  secara  metodologis  cenderung  lebih  dominan  pada  siswa,  sementara  mengajar  secara  instruksional  di lakukan  oleh  guru.  Jadi  pembelajaran  adalah   penyederhanaan  dari  kata belajar dan  mengajar (BM),  proses  belajar  mengajar  (PBM),  atau  kegiatan  belajar  mengajar  (KBM).[26]

            Demonstrasi adalah  strategi  penyanyian  bahan pembelajaran  melalui  peragaan  dengan  menunjukkan  suatu  proses,  prosedur  kerja,  atau  langkah-langkah  kegiatan.  Jadi  demonstrasi  merupakan  pertunjukkan  tentang  bagaimana  sesuatu  dengan  baik dan benar, memperagakan langkah demi langkah  untuk  mendapatkan  hasil  yang  maksimal dari  suatu proses.  Demonstrasi  dilakukan  ketika  peserta didik  diarahkan untuk  mampu  melakukan,  menunjukkan,  mempraktikan  suatu  kegiatan.  Peragaan ini  sangat  penting  untuk  membuat  konsep  dan  prosedur  kerja  yang  masih  abstrak  untuk  dibuat  konkret.[27]

Pendidikan  Agama  Kristen  adalah pendidikan  agama, maka ia memusatkan  perhatiannya  kepada di mensi  religius  manusia  yaitu  bagaimana  manusia  memiliki  hubungan  yang  harmonis  dengan  Allah.  Inilah  harapan  dan  doa  setiap  guru  PAK  yang  maksud  pekerjaan-Nya  ialah  supaya  Tuhan dapat  memakainya  untuk  menanam  dan  memelihara  bibit  iman  itu  di  dalam  hati  segala  anak  didiknya,  sehingga iman itu  bertumbuh  dan  berbuah  dalam  hidup  anak-anak. [28]

Minat  belajar  siswa  adalah   sebagai   suatu  kesukaan,  kegemaran  atau  kesenangan  atau  sesuatu.  Menurut  Sudirman  minat  adalah  suatu  kondisi  yang  terjadi  apabila  seseorang  melihat  ciri-ciri  atau  arti  sementara  situasi  yang dihubungkan  dengan  keinginan-keinginan  atau  kebutuhan-kebutuhan  sendiri. Dalam  hal  ini menunjukkan bahwa  minat belajar siswa  merupakan  kecendrungan  jiwa  seseorang  terhadap  sesuatu  objek,  biasanya disertai  dengan  perasaan  senang,  karena  itu  merasa  ada  kepentingan  dengan  sesuatu  itu.[29]

                                            

 

Sistematika  Penulisan  

Dalam  penulisan  skripsi  ini  penulis  membagi  pokok-pokok  pembahasan  kedalam  lima  bab.  Adapun  pembagian  dari  masing-masing bab  adalah  sebagai  berikut:

Bab  pertama,  menguraikan  tentang  pendahuluan,  meliputi:  Latar  Belakang,  Identifikasi  masalah,  Pembatasan  Masalah, Rumusan  Masalah,  Tujuan  Penelitian,  Kepentingan  Penelitian,  Metodologi  Penelitian,  Definisi Istilah  dan  Sistematika  Penelitian.

Bab  kedua  menguraikan  kajian teori   yang berisi  penjelasan tentang  beberapa  teori  dan  beberapa  pendangan  yang  menjadi  dasar  atau  dilaksanakannya  penelitian,  kerangka  berpikir dan  hipotesa.

Bab  ketiga  menguraikan  tentang  metodologi  penelitian,  yang  terdiri  dari  tujuan  yang  dilaksanakannya  penelitian,  waktu  dan  lokasi  penelitian,  metode  penelitian,  teknik  pengumpulan  data  dan  teknik  analisa data.

Bab  keempat,  menguraikan  tentang  hasil  penelitian  dan  analisa  data.

Bab  kelima,  memuat  kesimpulan,  saran  dan  implikasi  yang  dapat  bermanfaat  baik  pembaca  maupun  bagi  penulis  pada  khususnya.  



[1]John M. Nainggolan, Menjadi Guru Agama Kristen (Bandung : Generasi Info Media, 2007), hlm. 23. 

                [2]Sidjabat, Menjadi Guru Profesional (Bandung : Yayasan Kalam Hidup, 2000), hlm. 7.

[3]Ibid. hlm. 15.

[4]Sidjabat, Menjadi Guru Profesional (Bandung :Yayasan Kalam Hidup, 2000), hlm. 15.

[5]Enklaar dan Homrighousen, Pendidikan Agama Kristen ( Jakarta : BPK Gunung Mulia, 2002), hlm .72.

[6]Sidjabat, Mengajar Secara Profesional (Bandung : Yayasan Kalam Hidup, 2009), hlm. 229.

                [7]Hardi Budiyana,  Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen, (Solo : Berita Hidup Seminary, 2011), hlm. 6.

                [8]Dien Sumiyatiningsih, Mengajar dengan Kreatifdan Menarik, (Yogyakarta : Majalah Rohani, 2006), hlm. 1-3.

                [9]B.S. Sidjabat,  Mengajar Secara Profesional,(Bandung : Yayayasa Kalam Hidup, 2011), hlm. 267-269.

                [10]Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa,( Yogyakarta : Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2017), hlm. 183.

                [11]Ibid. hlm. 184-185.

                [12]Suyono & Hariyanto, Belajar dan Pembelajaran, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011), hlm, 18-19

                [13]H,Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta : Kencana, 2012),  hlm,1.               

                [14]Wawancara, Bapak RG sebagai guru Pendidikan Agama Kristen di SD Tuhendraowi,  selasa, 08 Desember 2020, Pukul  13:20 Wib.

                [15]Wawancara, Ibu AG sebagai guru  pendidikan agama Kristen di SD Tuhendraowi, jumaat 17 April 2020, Pukul 11: 06 Wib.

                [16]AchmadAfandi, Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik, (Sidoarjo : Uwais Inspirasi Indonesia, 2019 ), hlm, 100.

                [17]Halid Hanafi, La Adu & H Muzakkir, Profesionalisme Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah,(Yogyakarta: Deepublis, Grup Penerbitan CV Budi Utama, 2012 ),  hlm, 154.

                [18]Hardianto Djanggih. Metode Penelitian Hukum,(Makasar : CV Sosial Politik Genius 2017), hlm 7.

                [19]Husaini Usman, dan Purnomo Setiedy Akbar, Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta: Akbar, 1996), hlm 81.

                [20]Ibid, 57-28

                [21]Zulfikar, Nyoman Budi antara, Manajemen Riset dengan Pendekatan Komputasi Statistika(Yogyakarta: Deepublish, Grup Penerbitan CV Budi Utama 2014), hlm 106`

                [22]Husaini Usman, dan Purnomo Setiedy Akbar, Metodologi Penelitian Sosial (Jakarta : Akbar, 1996), hlm  57.

                [23]MutiSiahaan, Terampil Berwicara Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

( Bandung : Grasindo 1997), hlm 7

                [24] Kamus Besar Bahasa Indonesia“arti kata penggunaan”, kamus bahasa Indonesia Online (April  2020), http/kamus bahasa indonesia.orgpenggunaan  (diunduh 23 November 2020).

                [25]Hardianto Djanggih. Metode Penelitian Hukum,(makasar: CV sosial Politik Genius 2017), hlm 7.

                [26]Ahmad Susanto, Teori Belajar& Pembelajaran  (Jakarta : Prenadamedia Group, 2013), hlm 18-19.

                [27]Muhammad Yaumi, Media dan Teknologi Pembelajaran, (Perpustakaan Nasional: catalog Dalam Terbitan, 2018), hlm 62.

                [28]Homrighausen dan Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, (Jakarta : BPK GUNUNG Mulia, 2012), hlm 26.

                [29] Ahmad Susanto, Teori Belajar&Pembelajaran  (Jakarta : Prenada media Group, 2013),

hlm 57.

0 komentar: