www.idntimes.com
Menurut
S. Nasution mengatakan bahwa kepentingan penelitian ini menjelaskan secara luas
tentang pentingnya penelitian.
Kepentingan
penelitian ini diantaranya:
1.
Memberi sumbangan kepada perkembangan ilmu
pengetahuan.
2.
Mengandung implikasi yang luas bagi masalah-masalah
praktis.
3.
Melengkapi penelitian yang telah ada.
4.
Menghasilkan generalisasi atau prinsip-prinsip tentang
interaksi social.
5.
Berkenaan dengan masalah yang penting pada masa itu
6.
Berkenaan dengan populasi yang luas
7.
Mempertajam konsep yang penting
8.
Memperbaiki metode atau alat pengumpul data atau
menganalisis data, dan sebagainya. (S. Nasution: 1987, 11-12)
Kepentingan
penelitian ini mencakup dua hal yaitu
1.
Kepentingan Teoritis
Yaitu sumbangan yang dapat diberikan kepada dunia ilmu
pengetahuan dalam bidang terkait.
2.
Kepentingan Praktis.
Yaitu sumbangan yang dapat diberikan kepada penerapan
ilmu pengetahuan terkait.
Contoh
1:
Kepentingan Penelitian
Dari hasil
penulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pendidikan antara lain:
Kepentingan Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini dapat memberikan
tambahan informasi bagi pengembangan pendidikan mengenai pengimplementasian
teori kecerdasan majemuk ke dalam kurikulum. Diharapkan penelitian ini dapat
memberikan manfaat sebagai bahan referensi, bahan perbandingan serta tambahan
pengetahuan bagi yang memerlukan riset selanjutnya di bidang yang sama atau
sejenis.
Kepentingan Praktis
1.
Bagi
Sekolah Tinggi Teologi Injili Efrata
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai
tambahan informasi dan referensi dalam penelitian pendidikan yang berkaitan
dengan teori kecerdasan majemuk dan pengimplementasian kecerdasan majemuk ke dalam kurikulum pendidikan.
2.
Bagi
Penulis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperluas
pengetahuan serta dapat memperluas wawasan mengenai kecerdasan majemuk dan pengimplementasiannya di dalam kurikulum pendidikan.
3.
Bagi
Lembaga Pendidikan PG/TK Kristen Cita Buah Hati
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat
sebagai bahan referensi dan evaluasi bagi pembelajaran yang ada dan
pengembangan pendidikan di PG/TK Kristen Cita Buah Hati.
4.
Bagi
Peserta Didik
Bagi peserta didik di PG/TK Kristen Cita Buah Hati, hasil
penelitian ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kecerdasan majemuk
yang dimiliki melalui pembelajaran yang dilakukan.
Contoh
2
Kepentingan
Penelitian
Kepentingan penelitian terdiri dari kepentingan
secara teoritis dan kepentingan secara praktis.
Kepentingan
Teoritis
Secara teoritis, hasil penelitian
mengenai pokok ini akan membawa kepentingan yang signifikan, diantaranya:
Pertama, penelitian ini secara teoretis memberikan sumbang sih pemikiran tentang teori dan konsep yang
benar terkait dengan kompetensi dan kinerja dosen di perguruan tinggi pada
zaman sekarang ini.
Kedua, penelitian ini memberikan
contoh kajian teoretis tentang konsep evaluasi kompetensi dan kinerja dosen di
perguruan tinggi. Ini berarti hasil
penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi semua pihak yang terbeban dalam penelitian tentang kompetensi dan
kinerja dosen di perguruan tinggi.
Ketiga, pada saat perguruan tinggi
dituntut oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) untuk menjadi perguruan tinggi
yang profesional dan berkualitas, melalui penelitian ini memberikan konsep
ideal terkait dengan kompetensi dan kinerja dosen zaman sekarang ini.
Kepentingan Praktis
Sedangkan
secara praktis, hasil penelitian mengenai pokok ini akan membawa
kepentingan-kepentingan yang signifikan, sebagai berikut:
Pertama, bagi pembaca siapapun orangnya,
penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait dengan studi
tentang kompetensi dan kinerja dosen di perguruan tinggi.
Kedua, bagi mahasiswa, dosen, guru dan
pengajar-pengajar lainnya, penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bahan
kajian yang penting dalam mengevaluasi kompetensi dan kenerja dosen di
perguruan tinggi.
Ketiga, bagi perguruan tinggi, hasil
penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian studi tentang kompetensi dan kinerja dosen yang ada di
perguruan tinggi. Selain itu hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai
alat pembanding dan analisa kualitatif mengenai kompetensi dan kinerja dosen di
lingkungan perguruan tinggi. Dan yang
paling utama, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan ataupun panduan bagi
perguruan tinggi dalam mengadakan analisa dan evaluasi mengenai kompetensi dan
kinerja dosen di tempatnya.
Keempat, bagi kepustakaan hasil penelitian ini akan memperkaya studi
tentang kompetensi dan kinerja dosen.
Hal ini menarik sebab pada zaman sekarang ini tuntutan tentang
kompetensi dan kinerja dosen sangat penting.
Apalagi penjeminan mutu perguruan tinggi langsung di Badan Akreditasi
Nasional Perguruan Tinggi.
0 komentar:
Posting Komentar