April 02, 2020
0
www.idntimes.com

Menurut S. Nasution mengatakan bahwa kepentingan penelitian ini menjelaskan secara luas tentang pentingnya penelitian. 
Kepentingan penelitian ini diantaranya:
1.   Memberi sumbangan kepada perkembangan ilmu pengetahuan.
2.   Mengandung implikasi yang luas bagi masalah-masalah praktis.
3.   Melengkapi penelitian yang telah ada.
4.   Menghasilkan generalisasi atau prinsip-prinsip tentang interaksi social.
5.   Berkenaan dengan masalah yang penting pada masa itu
6.   Berkenaan dengan populasi yang luas
7.   Mempertajam konsep yang penting
8.   Memperbaiki metode atau alat pengumpul data atau menganalisis data, dan sebagainya. (S. Nasution: 1987, 11-12)

Kepentingan penelitian ini mencakup dua hal yaitu
1.   Kepentingan Teoritis
Yaitu sumbangan yang dapat diberikan kepada dunia ilmu pengetahuan dalam bidang terkait.
2.   Kepentingan Praktis.
Yaitu sumbangan yang dapat diberikan kepada penerapan ilmu pengetahuan terkait.

Contoh 1:

Kepentingan Penelitian
          Dari hasil penulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam pendidikan antara lain:

Kepentingan Teoritis
Secara teoritis hasil penelitian ini dapat memberikan tambahan informasi bagi pengembangan pendidikan mengenai pengimplementasian teori kecerdasan majemuk ke dalam kurikulum. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat sebagai bahan referensi, bahan perbandingan serta tambahan pengetahuan bagi yang memerlukan riset selanjutnya di bidang yang sama atau sejenis.

Kepentingan Praktis
1.   Bagi Sekolah Tinggi Teologi Injili Efrata
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tambahan informasi dan referensi dalam penelitian pendidikan yang berkaitan dengan teori kecerdasan majemuk dan pengimplementasian kecerdasan majemuk ke dalam kurikulum pendidikan.
2.   Bagi Penulis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan serta dapat memperluas wawasan mengenai kecerdasan majemuk dan pengimplementasiannya di dalam kurikulum pendidikan.
3.   Bagi Lembaga Pendidikan PG/TK Kristen Cita Buah Hati
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai bahan referensi dan evaluasi bagi pembelajaran yang ada dan pengembangan pendidikan di PG/TK Kristen Cita Buah Hati.
4.   Bagi Peserta Didik
Bagi peserta didik di PG/TK Kristen Cita Buah Hati, hasil penelitian ini diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kecerdasan majemuk yang dimiliki melalui pembelajaran yang dilakukan.

Contoh 2
Kepentingan Penelitian
          Kepentingan penelitian terdiri dari kepentingan secara teoritis dan kepentingan secara praktis.  

Kepentingan Teoritis
          Secara teoritis, hasil penelitian mengenai pokok ini akan membawa kepentingan yang signifikan, diantaranya:
Pertama, penelitian ini secara teoretis  memberikan sumbang sih pemikiran tentang teori dan konsep yang benar terkait dengan kompetensi dan kinerja dosen di perguruan tinggi pada zaman sekarang ini.
Kedua, penelitian ini memberikan contoh kajian teoretis tentang konsep  evaluasi kompetensi dan kinerja dosen di perguruan tinggi.  Ini berarti hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi semua pihak yang terbeban  dalam penelitian tentang kompetensi dan kinerja dosen di perguruan tinggi.
Ketiga, pada saat perguruan tinggi dituntut oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) untuk menjadi perguruan tinggi yang profesional dan berkualitas, melalui penelitian ini memberikan konsep ideal terkait dengan kompetensi dan kinerja dosen zaman  sekarang ini.

Kepentingan Praktis
          Sedangkan secara praktis, hasil penelitian mengenai pokok ini akan membawa kepentingan-kepentingan yang signifikan, sebagai berikut:
Pertama, bagi pembaca siapapun orangnya, penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait dengan studi tentang kompetensi dan kinerja dosen di perguruan tinggi.
Kedua, bagi mahasiswa, dosen, guru dan pengajar-pengajar lainnya, penelitian ini dapat menjadi bahan masukan bahan kajian yang penting dalam mengevaluasi kompetensi dan kenerja dosen di perguruan tinggi.
Ketiga, bagi perguruan tinggi, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian studi tentang  kompetensi dan kinerja dosen yang ada di perguruan tinggi. Selain itu hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai alat pembanding dan analisa kualitatif mengenai kompetensi dan kinerja dosen di lingkungan perguruan tinggi.  Dan yang paling utama, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan ataupun panduan bagi perguruan tinggi dalam mengadakan analisa dan evaluasi mengenai kompetensi dan kinerja dosen di tempatnya.
Keempat, bagi kepustakaan  hasil penelitian ini akan memperkaya studi tentang kompetensi dan kinerja dosen.  Hal ini menarik sebab pada zaman sekarang ini tuntutan tentang kompetensi dan kinerja dosen sangat penting.  Apalagi penjeminan mutu perguruan tinggi langsung di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.


0 komentar: